July 27, 2024
Jika Warga Rebut Istana Presiden Mereka telah menuntut pengunduran diri Rajapaksa selama berbulan-bulan atas kegagalan pemerintahannya dalam mengatasi keruntuhan ekonomi negara itu

Jika Warga Rebut Istana Presiden

Pengumuman yang dirayakan para pengunjuk rasa dengan bernyanyi di jalanan dan menyalakan kembang api menandai kemenangan bersejarah bagi para pengunjuk rasa

 

Oleh Tiara
Team Investigasi dan Reportase Mancanegara

Kontrolsosial.com – Sri Lanka menghadapi kenyataan pahit pada hari Minggu (10/7/2022) untuk masa depan yang tidak pasti.

Baik Presiden maupun Perdana Menteri ditetapkan untuk mundur setelah ribuan pengunjuk rasa menyerbu rumah mereka dengan marah karena krisis ekonomi yang melumpuhkan negara.

Presiden Gotabaya Rajapaksa setuju mengundurkan diri pada 13 Juli, pembicara parlemen negara itu mengumumkan Sabtu (9/7/2022), setelah hari yang penuh gejolak.

Para pengunjuk rasa yang menuntut pengunduran diri Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa berenang di kolam di dalam kompleks Istana Kepresidenan Sri Lanka di Kolombo pada 9 Juli 2022. –

Pengunjuk rasa masuk ke kediaman resmi Rajapaksa di Colombo dan berkeliaran di kolam renangnya

Demonstran juga menargetkan Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe, membakar kediaman pribadinya di Fifth Lane, sebuah lingkungan kaya di ibu kota.

Wickremesing ia kemudian mengatakan ia bersedia mengundurkan diri “untuk membuat jalan bagi pemerintah dan semua pihak.”

Pengumuman yang dirayakan para pengunjuk rasa dengan bernyanyi di jalanan dan menyalakan kembang api menandai kemenangan bersejarah bagi para pengunjuk rasa.

Para pengunjuk rasa, banyak yang membawa bendera Sri Lanka, berkumpul di luar kantor presiden di Colombo, Sri Lanka, Sabtu, 9 Juli 2022.

Mereka telah menuntut pengunduran diri Rajapaksa selama berbulan-bulan atas kegagalan pemerintahannya dalam mengatasi keruntuhan ekonomi negara itu

Perdana Menteri Sri Lanka mengatakan dia bersedia untuk mengundurkan diri sebagai pengunjuk rasa menyerbu kediaman Presiden
Empat menteri lainnya mengundurkan diri selama akhir pekan.

Warga Sri Lanka berpose untuk berfoto di dalam istana kepresidenan Sri Lanka, di Colombo pada Minggu (10/7/2022), sehari setelah diserbu oleh pengunjuk rasa anti-pemerintah. Istana kepresidenan era kolonial Sri Lanka telah mewujudkan otoritas negara selama lebih dari 200 tahun, tetapi pada 10 Juli itu adalah simbol baru pulau kekuatan rakyat setelah penghuninya melarikan diri.

Menteri Pariwisata dan Pertanahan Harin Fernando, Menteri Tenaga Kerja dan Kepegawaian Luar Negeri Manusha Nanayakkara dan Menteri Transportasi dan Jalan Raya dan wakil juru bicara kabinet Bandula Gunawardena semua mengundurkan diri pada hari Sabtu (9/7/2022)

Pergolakan ekonomi telah menjerumuskan negara kepulauan Samudera Hindia yang terdiri dari 22 juta orang itu ke dalam krisis kemanusiaan yang mengerikan, menyebabkan jutaan orang berjuang untuk membeli makanan, obat-obatan dan bahan bakar.

Setelah berbulan-bulan protes damai, kemarahan mencapai titik kritis pada hari Sabtu, karena lebih dari 100.000 orang berkumpul di luar kediaman Rajapaksa, menyerukan pengunduran dirinya.

Video yang disiarkan di televisi Sri Lanka dan di media sosial menunjukkan para pengunjuk rasa memasuki Gedung Presiden, yakni kantor dan kediaman Rajapaksa, setelah menembus penjagaan keamanan

Gambar menunjukkan demonstran di dalam gedung era kolonial yang dicuci putih dan menggantung spanduk dari balkon.

Warga Sri Lanka berpose untuk berfoto di dalam istana kepresidenan Sri Lanka, di Colombo pada 10 Juli 2022, sehari setelah diserbu oleh pengunjuk rasa anti-pemerintah. Istana kepresidenan era kolonial Sri Lanka telah mewujudkan otoritas negara selama lebih dari 200 tahun, tetapi pada 10 Juli itu adalah simbol baru pulau kekuatan rakyat setelah penghuninya melarikan diri.

Peningkatan drastis kerusuhan Sabtu dapat menyebabkan berakhirnya dinasti politik keluarga Rajapaksa, yang telah memerintah Sri Lanka selama hampir dua dekade terakhir.
Dalam video pernyataan pada hari Sabtu, Ketua Parlemen Mahinda Yapa Abeywardena mengatakan keputusan Rajapaksa untuk mundur

“Diambil untuk memastikan penyerahan kekuasaan secara damai”, tuturnya.

Silahkan klik https://bit.ly/3nNbDwZ untuk aplikasi android kontrolsosial.com

 

Konten ini bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu

 

Jika berhasil tidak dipuji,
Jika gagal dicaci maki.
Jika hilang tak akan dicari,
Jika mati tak ada yang mengakui

 

Silahkan klik https://bit.ly/3nNbDwZ untuk Download aplikasi Kontrol-sosial

Mengulang Satgas Nusantara: Perbedaan, Berlebihan, Apa yang Baru?

Baca juga:

Link aplikasi android kontroversi bisa didownload https://bit.ly/3nNbDwZ

 

Ingin Berkontribusi?

Masuk menggunakan akun microsite anda, apabila belum terdaftar silakan klik tombol di bawah.

Independensi adalah Ruh Kontrol Sosial. Sejak berdiri pada 4 November 2002, kami menjunjung tinggi jurnalisme yang tidak berpihak pada kepentingan politik mana pun. Dalam setiap pemberitaan, Redaksi Kontrol Sosial selalu berikhtiar mencari kebenaran meski di tempat-tempat yang tak disukai.

Karena itu, kami konsisten memilih pendekatan jurnalisme investigasi. Hanya dengan metode penyelidikan yang gigih dan sistematis, kami berharap bisa melayani publik dengan informasi yang benar mengenai skandal maupun pelanggaran terstruktur yang merugikan khalayak ramai.

Tentu kami tak akan bisa menjalani misi ini tanpa Anda. Dukungan Anda sebagai pelanggan Kontrol Sosial akan membuat kami lebih independen dan lebih mampu membiayai berbagai liputan investigasi mengenai berbagai topik yang relevan untuk Anda.

Kami yakin, dengan bekal informasi yang berkualitas mengenai isu-isu penting di sekitar kita, Anda bisa mengambil keputusan dengan lebih baik, untuk pribadi, lingkungan maupun bisnis Anda.



Boleh share dan copy paste

Jika kau sudah membaca tulisan ini kau sudah mendapatkan pahalanya,
namun bila kau menyebarkannya dan orang lain mendapatkan manfaat juga maka akan dilipat gandakan pahalamu Insya Allah

Redaksi Kontrol Sosial mengundang dalam program jurnalime warga dengan daftar login menulis sendiri kontrolsosial.com pojok kanan atas untuk mendapatkan akses tayang sendiri peristiwa dan kejadian sebagai kontrol sosial di lingkungan sekitar anda masing-masing

Silahkan klik https://bit.ly/3nNbDwZ untuk Download aplikasi kontrolsosial.com

 

 

Produk  Hukum NU

 

AMALIYAH NU

BUKU DAN KITAB

SEJARAH

  1. Ilmu Sejarah
  2. Pengantar Ilmu Sejarah
  3. Liputan Khusus Majalah Tempo : Republik  Di Mata Indonesianis
  4. Mansia dan Sejarah
  5. Tatanan orde baru
    1.  

    Isu-isu Masyarakat Digital Kontemporer

    Strategi Kewirausahaan Digital

 

Wawasan Islam

  1. Proses Revolusi Islam ; Sayyid Abul A’la Al-Maududi
  2. Agama Islam dan Politik
  3. Gerakan Sempalan di Indonesia
  4. Orang Nusantara Naik Haji
  5. Komunisme Musuh Islam Sepanjang Sejarah
  6. Asas-asas Islam
  7. Beberapa Studi Tentang Islam
  8. Cara Hidup Islam
  9. Dasar-dasar Islam
  10. Beberapa Pelajaran Dalam Amal Islami
  11. Empat Istilah Dalam Al-Qur’an
  12. Menuju Madinatul Munawwarah
  13. Hand Book Imarah Islam Indonesia
  14. Perang Salib Vs Perang Sabil : Abdul Qadir Djaelani
  15. Intelijen Nabi
  16. Sirah Nabawiyah – Said Ramadhan Al-Buti
  17. Karen Amstrong – Sejarah Tuhan
  18. Ibn Katsir – Tafsir Ibn Katsir juz 1 [35.4 MB |download], juz 2 [19.6 MB |download], juz 3 [13.4 MB |download], juz 4 [15.6 MB |download], juz 5 [16.7 MB |download], juz 6 [23.3 MB |download], juz 7 [18.5 MB |download], juz 8 [15.7 MB |download], juz 9 [17.9 MB |download]
  19. Halumma Ila Mardhatillah, Ibnu Bahasan, Maramedia Publishing, 2010
  20. Terjemah Ta’alim Muta’allim Karya Syaikh Az-Zarnuji