July 27, 2024
Ketiga Perangkat Desa Resmi Dilantik di Gresik, Transparansi dan Paham Aturan

Ketiga Perangkat Desa Resmi Dilantik di Gresik, Transparansi dan Paham Aturan

Sesuai Perbup No.19 tahun 2017, memang kewenangan apapun ada di panitia P3D

 

Oleh Arto
Editor Imam S Ahmad Bashori

 

Gresik – 3 Perangkat desa resmi dilantik dibalai desa Kedungsumber kecamatan Balongpanggang kabupaten Gresik Jawa Timur, terbilang transparan, Rabu (13/10/2021).

Mereka itu adalah Surya Hadi Amin,S.AK sebagai kepala urusan (Kaur) perencanaan kemudian Ilham Ali Ubaid,S.H.I sebagai Seksi Pelayanan lalu Wiji Priyanto,S.Pd. jabat kepala seksi Kesra.

 

Ucapan terima kasih

Dalam sambutannya kepala desa Wahono Yudho usai melantik mengucapkan, terimakasih atas bentuk kerjasama yang diberikan demi kemajuan desa, terlebih panitia P3D telah mensukseskan pelaksanaan dari tahapan awal hingga proses pelantikan ini.

“Saya juga mengucapkan terimakasih kepada  Muspika Balongpanggang atas kerjasamanya, sehingga terselenggaranya acara ini dengan sukses dan lancar”, ujarnya.

Begitu juga ketiga  perangkat desa yang baru dilantik segera menyesuaikan dengan  perangkat lainnya, pungkasnya dengan nada serak penuh makna.

 

Transparan Perbup No.19 tahun 2017

Ini alasan kenapa terbilang transparansi  penyelenggaraan P3D didesa Kesungsumber,
berikut penuturan camat Balongpanggang M.Yusuf Ansyori,S.Sos,MM, saat dimintai keterangan mengatakan, sebenarnya sesuai Perbup No.19 tahun 2017, memang kewenangan apapun ada di panitia P3D.

“Kalau panitia P3D melaksanakan sesuai aturan ini pasti akan transparan, karena sesuai aturan yang ada”, tutur camat Yusuf.

Oleh sebab itu, karena di Kedungsumber ketua panitianya seorangan kepala sekolah, jadi mereka paham aturan tersebut.

Sehingga pelaksanaan dapat dilaksanakan setransparan mungkin dan dilaksanakan sesuai dengan tahapan tahapan dan aturan, jelasnya sambil bergegas meninggalkan acara ketempat lain.

 

Tak percaya dilantik

Pendapat para perangkat usai dilantik diwakili kaur perencanaan Surya Hadi Amin,S.AK mengungkapkan perasaan senang campur beban amanah berat,

Surya mengakui tidak menyangka bakal dilantik, bahkan sempat kaget dengar kabar dilantik rasanya tak percaya.

Ditanya soal Persiapan belajar saat jelang selesksi ujian tulis

“Saya hanya butuh waktu 3-4 hari untuk belajar, alhamdulillah saat ujian saya bisa jawab”, ulasnya

Sebagai bentuk konsekwens dan tanggung jawab ingin mengabdi kedesa,  dia rela resend dari kerjaan sebelumnya dipabrik swasta berada diwilyah menganti pada bulan lalu.

Lekaki yang beralamatkan didusun Gowa desa Kedungsumber selain pantas jabat sebagai kaur perencanaan, mereka hanya tinggal berdua saja, karena kedua orang tuanya telah tiada.

Alih alih mereka di ilhami sang kakek Padi (alm) juga pernah jabat kaur perencanaan ditempat yang sama, kini jabatan yang ditinggalkan sang kakek diteruskan oleh Surya Hadi Amin, S.AK.

Doanya Pak semoga bisa menjalankan amanah ini, paparnya saat ditemui dikediamanannya dengan mengenakan baju keki peninggalan sang kakek.

Dia bahkan bercerita bahwa dirinya tak punya apa apa dan keikut sertaan ikut seleksi karena terdengar kabar, pelaksanaannya murni test

“Maka saya coba ikuti alhamdulillah hasilnya lolos seleksi dan akhirnya dilantik hari ini”, imbuhnya.

Baca juga:

Link aplikasi android kontroversi bisa didownload https://bit.ly/3nNbDwZ

 

Ingin Berkontribusi?

Masuk menggunakan akun microsite anda, apabila belum terdaftar silakan klik tombol di bawah.

Independensi adalah Ruh Kontrol Sosial. Sejak berdiri pada 4 November 2002, kami menjunjung tinggi jurnalisme yang tidak berpihak pada kepentingan politik mana pun. Dalam setiap pemberitaan, Redaksi Kontrol Sosial selalu berikhtiar mencari kebenaran meski di tempat-tempat yang tak disukai.

Karena itu, kami konsisten memilih pendekatan jurnalisme investigasi. Hanya dengan metode penyelidikan yang gigih dan sistematis, kami berharap bisa melayani publik dengan informasi yang benar mengenai skandal maupun pelanggaran terstruktur yang merugikan khalayak ramai.

Tentu kami tak akan bisa menjalani misi ini tanpa Anda. Dukungan Anda sebagai pelanggan Kontrol Sosial akan membuat kami lebih independen dan lebih mampu membiayai berbagai liputan investigasi mengenai berbagai topik yang relevan untuk Anda.

Kami yakin, dengan bekal informasi yang berkualitas mengenai isu-isu penting di sekitar kita, Anda bisa mengambil keputusan dengan lebih baik, untuk pribadi, lingkungan maupun bisnis Anda.