July 16, 2024
Hujan Es Angin Kencang di Surabaya, Gresik, Mojokerto, Pasuruan, Malang, Situbondo

Hujan Es Angin Kencang di Surabaya, Gresik, Mojokerto, Pasuruan, Malang, Situbondo

Anginnya biasanya mendaki, ada pertemuan massa udara dingin dan hangat. Kalau anginnya gak kencang ke atas, gak mungkin terbentuk awan besar

 

Reporter Ahmad Bashori Al-Muhajir
Editor Moh Ardi Munichatus Sa’adah SPsi

 

Kota Surabaya diguyur hujan deras disertai angin kencang bahkan sebagian wilayah terjadi hujan es pada Senin (21/2/2022). Sejumlah pohon tumbang.

Informasi yang dihimpun awak media, pohon tumbang di antaranya terjadi di Raya Lidah Wetan tepatnya di depan Masjid Al Hidayah. Dampaknya kondisi lalu lintas di area tersebut terpantau padat.

Pohon tumbang juga dilaporkan di Tol Satelit Surabaya arah Perak KM 8.200. Pengendara diminta hati-hati karena pohon tumbang ini mengakibatkan tutupnya jalur di lajur kiri dan tengah.

Pohon tumbang juga dilaporkan di jalan HR Muhammad arah Mayjen Yono Suwoyo, kawasan MERR dekat Stikom arah Galaxy Mall.

Sedangkan di Jalan KH Amir daerah Manukan, dilaporkan ada atap seng ambruk menutup separuh lajur arah Manukan. Selain itu di jalan Raya Kendangsari dekat Hotel Ibis juga ada pohon tumbang.

 

Belasan pohon tumbang

Belasan pohon tumbang juga dilaporkan netter. Hamdan, mengirimkan foto kejadian dua mobil tertimpa pohon tumbang di parkiran ITATS.

Di lokasi lain, Zain Riskyady memberikan informasi jika angin kencang di kawasan Prambanan Lidah Kulon mengakibatkan pohon tumbang. Wiwie Ammar juga tumbang tepat di depan rumahnya di Jalan Simo Gunung.

Sementara itu Ar- Risky mengirimkan foto pohon tumbang tepat di depan rumahnya di Perumahan Jambangan Asri, Risky juga mengingatkan agar pengendara roda dua dan empat agar berhati-hati karena menutup separuh akses jalan.

Laporan lainnya, dari Agus Andriyanto juga menggambarkan kondisi terkini di jalan Ketintang Madya karena ada pohon tumbang di depan kantor PKB, dari foto tersebut pohon yang tumbang cukup besar dan menutupi hampir separuh badan jalan.

Saat dikonfirmasi mengenai sejumlah pohon tumbang di Kota Surabaya, pihak DKRTH Kota Surabaya sampai saat ini belum bisa memberi keterangangan karena masih turun langsung ke beberapa titik lokasi pohon tumbang. Sedangkan pohon tumbang yang dilaporkan di depan SDN I Wiyung dan mengenai tiang bendera, informasi terakhir dikirim ke WA Suara Surabaya sudah ditangani oleh Satgas Pendidikan.

 

Prakirawan BMKG

Setiawan, prakirawan BMKG Juanda mengatakan biasanya hujan es terjadi di musim pancaroba, mengapit puncak musim hujan. Pertanda musim hujan sudah mulai berakhir.

“Hujan es terjadi karena suhu konveksinya tercapai. Jadi, suhu udara di permukaan bumi panas sekali sedangkan awan Cumulonimbus (CB) di langit suhunya sangat rendah bisa mencapai minus 80 derajat. Sampai bawah, esnya belum habis,” kata Setiawan kepada awak media ini. Senin sore.

Setiawan menambahkan, hanya awan tinggi yang suhunya sangat dingin yang bisa menyebabkan hujan es. Awan rendah tidak bisa menjadi hujan es.

Sampai pukul 15.20 WIB, BMKG Juanda mencatat hujan es terjadi di Surabaya dan Nganjuk. “Dugaannya, suhu konveksi di dua wilayah ini tercapai,” kata dia.

 

CB dan efek hempasan volume besar

Terkait angin kencang, kata Setiawan, angin yang terjadi menjelang hujan menandakan pembentukan awan CB-nya besar atau tinggi. Sedangkan angin yang terjadi pada saat hujan adalah efek hempasan hujan dengan volume yang besar.

“Anginnya biasanya mendaki, ada pertemuan massa udara dingin dan hangat. Kalau anginnya gak kencang ke atas, gak mungkin terbentuk awan besar,” kata dia.

Sebelumnya BMKG telah mengeluarkan peringatan dini pada pukul 13.00 WIB untuk wilayah Nganjuk dan pukul 14.45 WIB untuk wilayah Surabaya.

 

Daftar wilayah

Berikut daftar wilayah di Kota Surabaya yang dilaporkan terjadi hujan es:

– Tubanan
– Margomulyo
– Wiyung
– Tandes
– Asem Rowo
– Margorejo
– Jambangan
– Pagesangan
– Manukan
– Jemursari
– Kertajaya
– Darmo Indah
– Kupang Indah
– Bukit Darmo
– Lontar
– Sekitar Unesa Lidah
– Tengger Kandangan
– Kendang Sari
– Sukomanunggal
– Arif Rahman Hakim
– Mulyosari
– Indrapura
– Ngagel
– Gubeng
– Taman Pondok Indah
– Balas Klumprik
– Kebraon
– Kedurus
– Undaan
– Jemur Andayani.

Hujan es batu

Awak media mencatat hujan es juga pernah terjadi di sejumlah kota/kabupaten:

  1. Malang pada 23 Desember 2021
  2. Mojokerto pada 4 Desember 2019 dan 29 Oktober 2021
  3. Pasuruan pada 25 Maret 2019
  4. Situbondo pada 19 November 2018
  5. Surabaya pada 7 dan 8 Maret 2017