February 27, 2024
Kapolres Sambangi Imbas Kericuhan Perguruan Silat dan Salurkan Bantuan

Kapolres Sambangi Imbas Kericuhan Perguruan Silat dan Salurkan Bantuan

Sampai saat ini yang sudah diamankan berjumlah 5 orang ber KTP Lamongan dan Bojonegoro. Selanjutnya 42 orang dilepas karena tidak terlibat kerusuhan di masyarakat kita pulangkan ke rumah masing masing,

Reporter Arto
Editor Imam Ahmad Bashori Al-Muhajir

Gresik – Sepulang dari Dawarblandong Massa  dari perguruan silat luar daerah Bikin ricuh di wilayah Balongpanggang  Gresik, Pada hari Senen kemarin (22/11) pada pukul 22:00 WIB malam hari.

Dugaan sementara massa diketahui usai memberikan solidaritas bentuk dukungan rekannya yang tengah dalam pemeriksaan di Mojokerto tepatnya di dawarblandong.

 

18 rumah rusak

Wahono Yudho kepala desa Kedungsumber menjelaskan Sedikitnyan 18 unit rumah alami kerusakan, kaca pecah dan pos penjagaan terbakar serta sebuah motor juga hangus terbakar.

“Kondisi ini cukup mencekam dan warga ketakutan memilih didalam rumah, lantaran massa jumlahnya cukup banyak”, ujarnya.

 

Sepulang kunjungan dari Mojokerto

Pada Kesempatan itu Kapolres Gresik
AKBP Mochamad Nur Azis  selain turun ke lokasi sambangi kerumah salah satu warga yang alami kerusakan, juga salurkan bantuan dan santunan sejumlah uang.

Dalam keterangannya Kapolres Gresik
AKBP Mochamad Nur Azis mengatakan kejadian ini berawal dari masyarakat atau perguruan silat sebelumnya ke.Mojokerto tepatnya di Dawarblandong.

Disana mereka memberikan dukungan kepada temannya yang tengah menjalani  pemeriksaan di Mojokerto.

Usai dari Mojokerto massa pulang ke Lamongan lewat Balongpanggang.

Karena massa jumlahnya cukup banyak, dan pihaknya sudah antisipasi dengan melakukan pengamanan.

Namun masyarakat atau massa masih ada yang melakukan pengrusakan.

 

Diantaranya sejumlah kaca rumah warga yang dirusak,  fasilitas umum ada pos kamling,  dan satu unit motor ikut terbakar,

Sebagai rasa empati kepada korban, Kapolres menyalurkan  bantuan serta sejumlah uang kepada warga yang terkena imbasnya daripada kericuhan yang terjadi semalam.

“Minimal bisa membantu mengurangi untuk rumah warga yang yang rusak”,  kata Kapolres didampingi Kapolsek Balongpanggang AKP Tulus,SH, Danramil 0817/09 Kapten Erik.

Kapolres berharap kepada warga disini atau khususnya warga diwilayah Balongpanggang  jangan sampai melakukan pembalasan massa
atau membalas kejadian ini.

“Kita sudah tangani kejadian ini secara profesional dan berharap posisi tenang”, lanjutnya.

“Kami disini, bersama tiga pilar di kecamatan Balongpanggang selalu menjaga keamanan dan ketertiban, baik keamanan di Balongpanggang maupun Gresik seluruhnya”, tegasnya.

AKBP Mochamad Nur Azis juga menambahkan bahwa sudah bertemu dengan pimpinan para perguruan, (Selasa, 23/11/2021)

 

5 orang KTP Lamongan Bojonegoro

“Kalau memang ada kejadian pasti akan diproses sesuai prosedur hukum yang ada, Sampai saat ini yang sudah diamankan berjumlah 5 orang ber KTP Lamongan dan Bojonegoro”, jelasnya.

Selanjutnya 42 orang dilepas karena tidak terlibat kerusuhan di masyarakat kita pulangkan ke rumah masing masing.

“Sementara Kelima pelaku tersebut kini dalam proses pemeriksaan dan penyelidikan untuk dimintai keterangan lebih lanjut oleh pihak yang berwajib”, tutup Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis.